Motor vespa sedang naik daun. Kendaraan bermesin kanan ini banyak berseliweran di jalanan kota dan kabupaten Kediri dengan beragam varian. Kediri sedang gandrung vespa.
Tak sekedar menjadi alat transportasi, kendaraan asal Itali ini telah menjadi gaya hidup. Sebab rata-rata pemilik vespa sudah memiliki motor lain produksi Jepang, yang mereka juluki motor Jepangan.
Lalu kenapa mereka gandrung dengan motor yang mempunyai bentuk dan suara knalpot yang khas ini?
Niki Ariyanto, 29 tahun, memiliki alasan khusus kenapa menunggang vespa. Karyawan perusahaan televisi di Kediri ini rela merogoh kocek Rp 9,5 juta untuk membeli vespa jenis Super keluaran tahun 1976.
Niki tertarik memiliki motor vespa setelah melihat beberapa teman kantornya menunggang vespa. Mereka terlihat asyik dan keren. Selain berkendara, motor vespa juga modis untuk kongkow di cafe. Beberapa kali mereka touring bersama ke tempat wisata.
“Saya lihat teman-teman yang punya vespa memiliki kebanggan tersendiri. Terlihat nyaman dan enak saat mengendarainya. Saat saya coba, ternyata benar jadi pusat perhatian orang-orang,” kata Niki kepada Bacaini, Rabu 12 Agustus 2020.
Selain alasan itu, pria asal Warujayeng Nganjuk ini memiliki pertimbangan lain menunggang vespa. Selain alat transportasi, memiliki vespa sama seperti berinvestasi. Berdasarkan pengakuan kolega Niki sesama penghobi vespa, harga jual kendaraan ini terus melambung. Pasarnya juga besar dan tak kesulitan mencari pembeli. “Ini hobi sekaligus investasi,” katanya.
Dia mencontohkan, vespa jenis tertentu produksi tahun 1960-an seperti VBB dan PTS memiliki harga jual bagus. Besi tua itu bahkan bisa mencapai puluhan hingga mendekati seratus juta. Tergantung kondisi motor dan keontentikan mereka.
Alasan itu pula yang mendorong Noli Kristiawan, 39 tahun, untuk memiliki vespa. Tak tanggung-tanggung, Kepala Produksi Dhoho TV ini memiliki tiga vespa di garasi rumahnya Kertosono Nganjuk. Menurut Noli, ketiga motornya kerap ditawar orang untuk dibeli. “Saya tidak ingin menjualnya saat ini. Justru akan saya tambah karena memiliki vespa tidak ada ruginya,” kata Noli.
Pertimbangan Noli cukup rasional. Dengan tidak adanya pabrikan yang memproduksi vespa lagi, maka pasaran motor ini dipastikan naik. Makin tua usia produksinya makin mahal.
Niki dan Noli adalah dua dari ratusan skuteris di Kediri. Mereka tergabung dalam puluhan club vespa yang melibatkan banyak kalangan. Bahkan beberapa club dibentuk untuk mewakili penghobi vespa di tempat kerja, baik swasta maupun pemerintah.
Sebut saja Iwhan Tricahyono dari PT Gudang Garam Tbk. dan Anang Kurniawan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Pemkot Kediri. Keduanya dikenal penyuka skuter yang kerap melakukan touring. Tak jarang Iwhan dan Anang nimbrung ke komunitas J-Scok, klub skuter yang didirikan pekerja media di Kediri. (BS)