Bacaini.id, KEDIRI – Penyanyi cover Tri Suaka santer disebut meminta syarat berlebihan saat manggung. Selain bayaran yang terbilang mahal, Tri Suaka meminta sejumlah fasilitas termasuk rokok satu slop.
Permintaan rokok itu ramai diperbincangkan warganet karena jumlahnya yang dibilang tak masuk akal. Untuk durasi tampil selama satu jam, Tri Suaka meminta panitia menyediakan rokok sebanyak satu slop. Merek rokok yang diminta juga berkelas, Surya 12 buatan PT Gudang Garam Tbk.
Apa alasan Tri Suaka meminta rokok Surya 12 sebagai syarat manggung?
Penelusuran Bacaini.id atas merek rokok tersebut sedikit mengungkap alasan Tri Suaka menggemari Surya 12. Penyanyi yang sedang viral karena memparodikan Andika Kangen Band bersama YouTuber Zinidin Zidan itu ternyata memiliki selera berkelas dalam merokok.
Surya 12 adalah salah satu produk rokok yang diproduksi perusahaan besar PT Gudang Garam Tbk. yang bermarkas di Kediri, Jawa Timur. Surya 12 dibuat melalui perpaduan antara teknologi tinggi dan warisan tradisi yang mengolah rokok kretek secara turun-temurun. Sebagai sigaret kretek mesin full flavor nomor satu di Indonesia, Surya 12 sangat digemari masyarakat Indonesia.
Penelitian Ilmiah
Sebuah penelitian yang dilakukan civitas Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Jember Fakultas Ekonomi mengungkap alasan masyarakat menyukai merek rokok Surya 12. Penelitian yang dilakukan Edwin Deni Lugianto, SE. itu mewawancara 75 responden menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Sebuah analisis untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain.
Menurut Edwin, rokok merupakan barang konvenien yang mudah didapat dan dibeli di toko atau warung terdekat. Biasanya produk ini dibeli dengan jumlah unit yang kecil tetapi dengan frekuensi pembelian yang sering.
Penelitian tersebut mengungkap fakta Surya 12 sebagai rokok yang unik. Meski dicecar kampanye kesehatan yang sangat masif, hingga dikeluarkannya fatwa haram merokok oleh Majelis Ulama Indonesia, namun permintaan di pasar cenderung meningkat.
“Semakin gencar kampanye gerakan anti asap rokok hingga pemberlakuan lokasi bebas asap rokok tidak menyurutkan permintaan atas produk ini,” tulis Edwin.
Hasil surveinya juga mengungkap alasan konsumen memilih Surya 12. Menurut Edwin, faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli rokok dipengaruhi oleh rasa dan dan kemasan.
Selain itu, konsumen juga ingin produk yang dikomsumsinya memiliki kemasan yang mudah dibuka dan dibawa. Harga terjangkau, serta kemudahan mendapatkan atau memperoleh produk di pasaran. Hal tersebut memberikan dampak positif bagi konsumen untuk terus melakukan pembelian ulang produk rokok Surya 12.
Jadi tak mengherankan jika rokok Surya 12 sangat digemari berbagai kalangan, sampai menjadi syarat manggung Tri Suaka dalam setiap konsernya.
Penulis: HTW
Tonton video: