• Login
  • Register
Bacaini.id
Monday, May 19, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Elit PDIP Harus Ubah Gaya Komunikasi Jika Ingin Menang Pilkada 2024

ditulis oleh Editor
20/04/2024
Durasi baca: 3 menit
546 11
0
Elit PDIP Harus Ubah Gaya Komunikasi Jika Ingin Menang Pilkada 2024

Elit PDIP Harus Ubah Gaya Komunikasi Jika Ingin Menang Pilkada 2024. Foto: Dr. Manik Sunuantari, M.Si. (foto/Bacaini)

Bacaini.id, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil memperoleh suara terbanyak dalam Pileg 2024. Kendati demikian, dibandingkan Pemilu 2019 perolehan suara PDIP terhitung turun.

Sementara di Pilpres 2024, kemenangan pasangan Prabowo-Gibran hampir 56% atas Ganjar-Mahfud yang hanya meraup 16%, menjadi bukti strategi public relations (PR) yang dipakai PDIP melalui elit-elitnya di media mainstream dan media sosial tidak efektif.

Seperti diungkapkan Dr. Manik Sunuantari, M.Si selaku analis dari Laboratorium Big Data Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) kepada Bacaini.id. Bahwa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menempati urutan teratas dengan 60.497 pernyataan di media nasional dalam kurun waktu satu tahun.

Kemudian disusul Ganjar Pranowo (25.489 pernyataan), Puan Maharani (10.606 pernyataan) dan cawapres PDIP Mahfud MD (10.499 pernyataan). Sementara KPU merilis jumlah pemilih berdasarkan umur dengan posisi tertinggi ditempati Gen Milenial sebanyak 68.8 juta pemilih.

Kemudian Gen X sebanyak 57,5 juta pemilih, Gen Z 46,8 juta pemilih dan Gen Baby Boomer 28,1 juta pemilih. Mereka semua itu, kata Manik terbukti memberikan dampak signifikan pada Pilpres dan Pileg 2024.

Memori publik masih melekat bagaimana orasi politik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut Generasi Milenial tidak memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara, tapi hanya bisa berdemo melalui tekhnologi di media sosial.

Orasi yang berlangsung saat peresmian Kantor DPC PDIP itu menjadi bumerang bagi PDIP. Prediksi hasil survei SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting) yang direlease 22 Oktober 2022 membuktikan itu.

Hasil riset Litbang Kompas yang dirilis 14 Februari 2024, yakni pasca pemungutan suara membuktikan Generasi Z dan Generasi Milenial lebih memilih Gerindra (21,4%) dibanding PDIP (12,3%).

Manik menambahkan, saat ini yang berperan sebagai PR (Public relations) PDIP adalah Sekjen Hasto Kristiyanto. Hasto mendominasi pernyataan-pernyataan komunikasi politik PDIP.

Namun sayangnya, kata Manik gaya ke-PR-an Hasto cenderung agresif. Komunikasi yang cenderung menyerang yang dipakai Hasto justru tidak menarik simpati masyarakat.

“Ingat nggak kampanye pamungkas PDIP yang diharapkan bakal booming di hari terakhir kampanye di Banyuwangi, Jawa Timur. Akibat candaan Cak Lontong pada kampanye 10 Februari 2024 yang menyebut dengan nada marah karena dianggap ada penyusup kampanye dengan sebutan “wong deso” justru menjadi bumerang bagi PDIP,” ungkap Manik.

Alih-alih peserta kampanye bersemangat dan terbakar ghirahnya. Yang terjadi justru malah meneriakan yel-yel Prabowo pada saat berlangsung kampanye Ganjar-Mahfud.

Tidak itu saja. Hal yang sama juga terjadi di Bali dan beberapa wilayah lainnya. “Ini koreksi dan masukan buat PDIP, ubah gaya komunikasi politiknya,” ujar Manik.

Dosen yang sekaligus Ketua Pengawas FK Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Nusantara itu juga mengatakan, meski dianggap remeh, saat ini gaya kampanye dengan berjoget sembari menyampaikan visi misi, santai dan humble, justru lebih disukai masyarakat.

Menurut Manik, masyarakat mungkin sudah jenuh dengan ujaran kebencian (hate speech) yang sebelumnya berpengaruh pada pemilu 2014. Namun seringnya terjadi kriminalisasi lantaran ujaran kebencian dan saling melaporkan di kepolisian, masyarakat kemudian lebih menyukai gaya kampanye yang santai dan riang gembira.

Terkait visi dan misi tidak harus didapatkan pada saat orasi kampanye, tapi melalui akses internet. Masyarakat dalam mencari jejak digital informasi cukup dari genggaman tangan melalui handphone. 

Manik menduga saat ini Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tengah memerankan “Bad Cop”. Hasto sengaja memilih gaya komunikasi yang kerap menyerang Presiden Jokowi dan keluarganya lantaran Gibran lebih memilih menjadi pasangan Prabowo.

Yang disayangkan, pada saat yang sama elit PDIP yang lain tidak memerankan “Good Cop”. Misalnya elit PDIP Said Abdullah seringkali melakukan netralisir, namun publikasinya kurang dibandingkan Hasto.

Gaya komunikasi Hasto selaku Sekjen yang terkesan menyerang personal justru akan merugikan PDIP, yakni terutama pada saat Pilkada serentak 2024. Sebab Jokowi Effect masih mumpuni dan banyak pengikutnya.

PDIP diharapkan segera melakukan evaluasi sekaligus menyiapkan juru bicara yang lebih mampu menggaet hati publik dalam menghadapi Pilkada serentak 2024.

“Jubir yang ada harus lebih elegan dan mampu mengontrol emosi saat melakukan komunikasi publik dan politik melalui media,” pungkas Manik di sela kesibukan mengembangkan Laboratorium Big Data Ilmu Komunikasi di Gedung Utama UAI di Sisingamaraja, Jakarta Selatan.

Penulis: Danny Wibisono

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: elit PDIPgaya komunikasi politikhasto kristiyantojokowikomunikasi politikPilkada 2024Prabowo-Gibran
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Nelayan di Trenggalek Gelar Upacara Adat Larung Sembonyo

Nelayan di Trenggalek Gelar Upacara Adat Larung Sembonyo

Meme vs Penguasa: Pembungkaman di Ruang Digital

Meme vs Penguasa: Pembungkaman di Ruang Digital

Penting! Perempuan dengan Gejala Menopause Perlu Makanan ini

Penting! Perempuan dengan Gejala Menopause Perlu Makanan ini

  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15259 shares
    Share 6104 Tweet 3815
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16569 shares
    Share 6628 Tweet 4142
  • Pamer Hummer Listrik 4,5 M, “Rahasia” Ketenaran Gus Iqdam Dibongkar Netizen

    10853 shares
    Share 4341 Tweet 2713
  • Eks Kapolres Trenggalek Terungkap Bawa Arca Durga ke Bogor

    2794 shares
    Share 1118 Tweet 699
  • Warna Bulu Kucing Ternyata Menunjukkan Wataknya

    4955 shares
    Share 1982 Tweet 1239

 

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist