Bacaini.ID, KEDIRI – Donat Pinkan Mambo mendadak viral di media sosial.
Ini jadi bukti, di tengah persaingan bisnis kuliner yang makin ketat, UMKM tidak cukup hanya fokus pada rasa yang enak.
Strategi pemasaran (Marketing) yang kreatif dan inovatif jadi kunci agar bisnis tetap relevan, dikenal luas, dan disukai pelanggan.
Donat Pinkan Mambo salah satu contoh pemasaran inovatif di era digital.
Viral dengan harga donat yang fantastis, artis Pinkan Mambo mampu membranding produknya untuk tetap dibeli konsumen walaupun banyak kekurangan.
Berikut 7 ide pemasaran inovatif yang bisa langsung diterapkan oleh pelaku UMKM kuliner:
Live Cooking & Pesan Langsung saat Streaming
Mengandalkan fitur live di media sosial seperti TikTok, Instagram, atau Shopee bisa jadi cara ampuh menarik perhatian calon pelanggan.
Siarkan proses memasak, plating, atau review makanan secara langsung.
Kemudian buka pemesanan saat live berlangsung, lengkap dengan diskon atau bonus khusus penonton.
Cara ini akan meningkatkan kepercayaan karena penonton bisa melihat prosesnya secara real time.
Selain itu penjual dapat menciptakan kedekatan dengan pelanggan melalui interaksi langsung.
Kolaborasi Menu Eksklusif dengan Influencer Lokal
Bekerja sama dengan influencer lokal bisa menjadi strategi yang efektif, terutama jika dikemas dengan unik.
Misalnya membuat menu khusus dengan nama atau selera si influencer, seperti “Bakso Pedas Mas Precil” atau “Es Kopi Ala Kak Rara.”
Keuntungan yang bisa didapat dengan cara ini adalah memanfaatkan audiens influencer dan membuat produk lebih mudah viral karena ada keterlibatan personal.
Contohnya seperti usaha kuliner yang dilakoni artis Ivan Gunawan. Ia berkolaborasi dengan King Abdi membuat produk makanan sebagai bagian dari marketing usaha kulinernya.
QR Code Storytelling di Kemasan
Inovasi kecil bisa berdampak besar, salah satunya dengan menambahkan QR code pada kemasan makanan.
Isinya bisa berupa video cerita di balik resep atau sejarah bisnis, voucher diskon untuk pembelian berikutnya.
Atau konten interaktif seperti kuis dan tebak-tebakan berhadiah.
Menu Rahasia yang Hanya Bisa Dipesan Lewat DM
Buat pelanggan merasa spesial dengan menghadirkan ‘secret menu’.
Caranya, umumkan di media sosial bahwa ada menu rahasia yang hanya bisa dipesan lewat DM atau WhatsApp.
Variasi ini bisa berupa level pedas ekstrem, topping tambahan, atau varian baru yang terbatas.
Gamifikasi Pesanan
Buat pelanggan merasa seperti sedang bermain saat membeli produk Anda.
Beberapa ide gamifikasi misalnya, setiap transaksi mendapat poin untuk ditukar hadiah.
Atau adakan program “Lucky Order”, setiap pesanan ke-25 hari itu gratis.
Eco Packaging Challenge
Tren ramah lingkungan semakin diminati. UMKM bisa memanfaatkan hal ini sebagai ajang promosi.
Ajak pelanggan memposting foto saat menggunakan kemasan ramah lingkungan dari produk yang dibeli.
Kemudian berikan hadiah atau voucher untuk partisipan terbaik.
Cerita Viral: “Makanan Ini Bisa Bikin Nostalgia”
Jika menjual makanan ‘jadul’ atau makanan yang memang sudah ada sejak lama, buat cerita tentang makanan yang membangkitkan kenangan masa kecil.
Cerita yang berhubungan dengan kenangan masa lalu lebih mudah viral. Ajak pelanggan ikut berbagi cerita versi mereka.
Pemasaran inovatif tidak selalu butuh modal besar, yang terpenting adalah keberanian untuk mencoba hal baru dan memahami apa yang disukai oleh pelanggan saat ini.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif