Bacaini.id, KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyambut baik kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Kerjasama ini untuk membantu pelayanan dokumen kependudukan warga yang sedang tertimpa sakit.
Mas Dhito mengatakan sampai saat ini masih banyak ditemukan kasus pasien yang mengalami kesulitan pengurusan administrasi di rumah sakit. Belum lagi persoalan durasi pengurusan yang lama hingga berhari-hari. “Memang jadinya bisa hari itu, tapi diterima masyarakat itu biasanya ada yang dua hari ada yang tiga hari. Jadi harus dipikirkan, artinya jangan sampai esensi layanan cepatnya belum tercapai,” kata Mas Dhito, Kamis 13 Mei 2022.
Plt Kepala Dukcapil Kabupaten Kediri, Wirawan menyampaikan saat ini pihaknya terus meningkatkan kerjasama dengan SKPD di lingkungan Pemkab Kediri. Terbaru, Dukcapil tengah membangun kerjasama dengan Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK) maupun RS Simpang Lima Gumul terkait pelayanan kependudukan.
“Misalnya saat ada pasien yang tidak bisa terlayani hanya karena dokumen adminduk, dengan kerjasama ini nantinya hal-hal seperti itu bisa diminimalisir,” kata Wirawan.
Menurutnya, saat ini Dukcapil telah membangun kesepakatan dengan dua rumah sakit daerah di Kabupaten Kediri. Untuk mempermudah pelayanan, pihaknya tengah melakukan pelatihan bagi petugas untuk pengurusan dokumen adminduk di rumah sakit yang bersangkutan. “Harapannya, jangan sampai ada masyarakat Kabupaten Kediri yang tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan hanya karena tidak mempunyai dokumen adminduk,” ujarnya..
Dukcapil juga akan memberikan pelayanan terkait kepemilikan dokumen akta kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ibu hamil yang melakukan persalinan di rumah sakit daerah. Dengan begitu, sepulang dari rumah sakit, orang tua tidak perlu repot melakukan pengurusan dokumen adminduk bagi bayinya.
“Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kediri. Nantinya, pelayanan adminduk bisa dilakukan saat kegiatan Posyandu,” tandasnya. (ADV)