• Login
  • Register
Bacaini.id
Monday, August 11, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Sineas Kediri Membedah Strategi Iklan Thailand

ditulis oleh Redaksi
11/08/2025
Durasi baca: 2 menit
492 31
0
Sineas Kediri Membedah Strategi Iklan Thailand

Diskusi film oleh komunitas APIK di BacainiKopi. Foto: Adhi Kusumo

Bacaini.ID, KEDIRI – Pegiat perfilman atau sineas di Kota Kediri yang tergabung dalam Asosiasi Perfilman Kediri (APIK) membedah strategi iklan Thailand. Produksi iklan negeri Gajah Putih ini dikenal memiliki story telling kuat.

Diskusi yang diikuti anggota APIK ini diawali dengan nonton bareng empat iklan Thailand. Selanjutnya masing-masing peserta diminta memberikan pendapat atas iklan yang ditonton.

“Iklan Thailand selalu menyajikan twist,” kata Ketua APIK, Suhada di cafe BacainiKopi, Jumat, 8 Agustus 2025.

Ia mengatakan alur cerita yang dirangkai industri iklan Thailand layak ditiru dalam membangun konsep cerita para sineas Kota Kediri. Karena itu APIK selalu membuka ruang diskusi dan peningkatan kapasitas para sineas Kota Kediri.

Menariknya, diskusi ini juga menghadirkan praktisi periklanan nasional Shafiq Mulyanto dari Jakarta. Ia mengatakan industri iklan Thailand memiliki beberapa keunggulan yang patut diadaptasi oleh rumah produksi tanah air. Salah satunya adalah soal kebanggaan menggunakan nilai lokal dalam materi mereka.

“Iklan Thailand akan selalu menggunakan bahasa Thailand, tidak perduli orang luar Thailand bisa memahami atau tidak. Mereka punya nilai khas yang menguatkan kultur budaya setempat,” kata Shafiq.

Karena alur cerita dan kemampuan story telling yang kuat, orang yang tidak bisa memahami bahasa Thailand pun bisa mengerti dan menangkap pesan yang disampaikan.

“Kita ini belum bisa menampilkan iklan dengan ciri khas Indonesia. Selain belum menemukan simbol yang tepat, perilaku pasar yang menyukai hal-hal viral sering menjadi kendala dalam memproduksi iklan yang idealis,” terang Shafiq.

Hal itulah yang kemudian menjadi pekerjaan rumah sineas dalam negeri, terutama anggota APIK untuk memunculkan nilai ke-Indonesia-an dalam produksi film mereka.

Penulis: Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: APIKfilmkota kdirisineas
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

CekSumber, Cara Mendeteksi Hoax Dengan WhatsApp

CekSumber, Cara Mendeteksi Hoax Dengan WhatsApp

Saldo DANA Kaget Bikin Heboh! Rezeki Instan atau Risiko Digital?

Saldo DANA Kaget Bikin Heboh! Rezeki Instan atau Risiko Digital?

Ngopi Berkelas di BacainiKopi

Dari New York ke Kediri: Jejak Sejarah Cromboloni

  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15478 shares
    Share 6191 Tweet 3870
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16602 shares
    Share 6641 Tweet 4151
  • Soal Jabatan Sekda Pemkab Blitar Terkesan Slintutan

    1465 shares
    Share 586 Tweet 366
  • Heboh Korupsi Dana Desa di Blitar, Ini Desa Penerima DD Besar

    576 shares
    Share 230 Tweet 144
  • Pamer Hummer Listrik 4,5 M, “Rahasia” Ketenaran Gus Iqdam Dibongkar Netizen

    10866 shares
    Share 4346 Tweet 2717

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist