Bacaini.ID, KEDIRI – Penggemar podcast terbesar di dunia ternyata warga Indonesia.
Bahkan prosentasenya mengalahkan penggemar di Negara Meksiko, Brazil, Afrika Selatan, termasuk juga di Amerika Serikat.
Data yang dibagikan We Are Social dalam laporan Digital 2025, prosentase pendengar podcast di Indonesia jauh melebihi rata-rata pendengar podcast di dunia.
Istilah podcast diketahui berasal dari gabungan kata ‘pod’ yang berarti ‘playable on demand‘ (dimainkan atas permintaan) dan ‘broadcasting‘ (penyiaran). Disebut juga sebagai siniar.
Podcast merupakan konten audio yang bisa didengarkan atau diunduh kapanpun melalui internet. Dalam perkembangannya podcast juga menggunakan video.
Data yang dibagikan We Are Social mengungkap lebih dari 1 dari 5 orang dewasa (22,1 persen), mendengarkan setidaknya satu podcast setiap minggu.
Sebagai perbandingan, angka ini lebih tinggi ketimbang jumlah orang yang mengikuti influencer di media sosial (22,0 persen).
Jadi dapat disimpulkan platform podcast pada kekinian lebih populer ketimbang influencer. Data tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan marketing dengan format audio.
Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai pendengar podcast paling antusias di dunia, dengan 42,6 persen pengguna internet dewasa dalam seminggu terakhir.
Format audio juga sangat populer di Meksiko, di mana 41,8 persen orang dewasa yang terhubung mendengarkan podcast setidaknya seminggu sekali.
Brazil merupakan negara selanjutnya sebagai pendengar podcast paling banyak di dunia. Sebanyak 38,8 persen orang dewasa mendengarkan podcast setiap minggunya.
Rata-rata pendengar podcast setiap minggu di seluruh dunia adalah 22,1 persen orang dewasa pengguna internet.
Dalam penelitian tersebut didapatkan data bahwa walapun Indonesia ada di peringkat teratas pendengar podcast, konten audio ini ternyata kurang populer di seluruh Asia.
Konten menjangkau kurang dari 1 dari 20 orang dewasa di Jepang (4,9 persen), dan hanya 1 dari 8 orang di Tiongkok (12,8 persen).
Di tingkat dunia, pengguna internet wanita berusia 25-34 tahun menyumbang pangsa pendengar podcast terbesar, diikuti wanita berusia 16-24 tahun di posisi kedua.
Sementara itu rata-rata waktu yang dihabiskan untuk mendengarkan podcast sekitar 52 menit per hari.
Namun, meskipun wanita berusia 25-34 tahun merupakan audiens podcast terbesar, ternyata kelompok pria dalam usia ini, menghabiskan waktu terbanyak untuk mendengarkan podcast.
Pria berusia 25 hingga 34 tahun mengatakan bahwa mereka menghabiskan rata-rata 1 jam 7 menit untuk mendengarkan podcast setiap hari.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif