Bacaini.id, SURABAYA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan agensi iklan dengan bendera PT Inisiatif Digital AMSI atau IDiA. Adanya agensi iklan ini guna membentuk ekosistem bisnis media yang sehat.
Peluncuran agensi dilakukan ditengah acara IDC 2022 yang telah berlangsung sejak 21 November 2022 kemarin. Agensi ini nantinya akan memastikan media yang berada di dalamnya akan memberikan konten yang sehat dengan bisnis yang sehat pula.
Ketua AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, agency yang dilaunching merupakan jalan untuk membuat ekosistem bisnis media menjadi lebih baik. Sesuai dengan slogan dari awal untuk menjadi media dengan konten dan bisnis yang sehat.
“Inilah bentuk realisasinya, dengan adanya agensi yang nantinya membuat ekosistem media menjadi sehat,” kata Wenseslaus Manggut dalam sambutannya saat launching agensi di Ballroom 1, Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 23 November 2022.
Menurut Wens, sapaan Wenseslaus Manggut, suka atau tidak suka setiap media akan masuk ke dalam ekosistem dengan persaingan yang ketat. Demikian pula halnya dengan brand, baik nasional maupun internasional pada akhirnya juga akan menyasar ke daerah.
“Sehingga butuh wadah dan penggerak untuk bisa mengambil brand-brand tersebut. Kita ingin brand yang sehat landing di media yang berkualitas. Untuk itu ekosistemnya harus kita bantu,” terangnya.
Wens menyebutkan bahwa saat ini AMSI menaungi 412 media siber yang ada di seluruh Indonesia. Tentunya, tidak bisa tunggal dalam mendapatkan bisnis bersama brand-brand tersebut, sehingga agensi ini menjadi solusi untuk menaunginya.
“Tugas agensi adalah memberikan jalan untuk menggaet brand tersebut agar landing di media yang berkualitas,” imbuhnya.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMSI, Wahyu Dhyatmika menambahkan, agensi AMSI ini siap bekerjasama dengat berbagai pihak. Saat ini AMSI bekerjasama dengan internews lewat Ads for News yang menerapkan brands savety ketat.
“Jadi ada guideline yang diterapkan sehingga baik media yang dinaungi agensi ini maupun brand akan berada pada ekosistem yang sehat,” tambah Wahyu.
Director Ads for News, Chris Hajecki dalam pemaparannya melalui zoom meeting mengaku senang sekali bekerja sama dengan AMSI melalui agensi. Hal ini merupakan kesempatan untuk bekerjasama dengan berbagai media lokal maupun nasional yang ada di Indonesia.
“Ads for News memiliki tujuan sederhana untuk memungkinkan merek memperkuat komunitas tempat mereka menjual dengan beriklan dengan media berita lokal tepercaya yang melaporkan komunitas tersebut,” ujar Chris.
Peluncuran agensi iklan ini bukan gagasan satu dua orang pengurus melainkan hasil keputusan kongres organisasi. Launching IDiA juga dihadiri pengurus pusat AMSI serta para ketua AMSI wilayah dari berbagai daerah di Indonesia. Event bersejarah ini pun sekaligus memberikan nuansa kebersamaan terhadap para anggota AMSI baik yang ada di kepengurusan pusat maupun di daerah.
Adapun susunan Komisaris PT Inisiatif Digital AMSI yakni, Komisaris Utama Wenseslaus Manggut, Komisaris Suwarjono, Irfan Junaidi, Wahyu Dhyatmika dan Maryadi. Untuk Direksi yakni Direktur Utama Adi Prasetya, wakil Direktur Utama Dwi Eko Lokononto dan Direktur Ismoko Wijaya.
Penulis: Novira