Bacaini.id, KEDIRI – Menyadari pentingnya transparansi informasi, Pemerintah Kota Kediri terus berupaya mencapai keterbukaan informasi publik, sebab masyarakat berhak atas informasi yang benar. Untuk itu, Dinas Kominfo Kota Kediri memberikan bimtek penguatan dan optimalisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).
Guna mengoptimalkan peran PPID Kota Kediri, dalam kegiatan ini Dinas Kominfo Kota Kediri menggandeng pihak dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.
Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana mengatakan, upaya ini merupakan wujud tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam Undang-Undang tersebut dikatakan bahwa setiap orang berhak memperoleh informasi termasuk informasi dari Badan Publik.
Selain itu, Undang-Undang tersebut juga menyatakan bahwa setiap badan publik sebagai institusi yang tugas dan fungsi pokoknya berkaitan dengan penyelenggara negara yang dananya bersumber dari anggaran pemerintah, wajib menyediakan informasi publik sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
“Keterbukaan Informasi Publik sangat penting karena masyarakat berhak atas informasi yang benar,” kata Apip dalam sambutannya pada kegiatan yang berlangsung di Ruang Kilisuci, Balai Kota Kediri, Kamis, 10 November 2022.
Menurut Apip, dengan keterbukaan informasi, masyarakat dapat berpartisipasi melalui pengawasan proses pembangunan dan kebijakan yang diambil oleh badan publik terutama pemerintah.
“Dengan demikian penyelenggaraan pemerintahan bisa transparan dan dapat dipertanggungjawabkan untuk menuju pemerintahan yang baik dan benar,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Apip menyebutkan bahwa dalam acara ini turut dihadiri oleh pejabat PPID Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Andi Bagus Setiawan yang sekaligus menjadi narasumber. Dalam kesempatan tersebut pihaknya memaparkan terkait dengan pengelolaan PPID.
“Perlu sinergitas yang apik dari setiap OPD untuk mencapai keterbukaan informasi dan transparansi. Petugas PPID di masing-masing OPD juga membawa peranan penting demi mencapai hal tersebut,” tandasnya.
Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh 40 petugas PPID dari masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, mulai dari kelurahan, kecamatan, bagian, dinas hingga perusahaan daerah.**