Bacaini.ID, KEDIRI – Di tengah boomingnya kosmetik Korea dan China yang banyak digemari pecinta kecantikan, nyatanya kosmetik halal Indonesia semakin diperhitungkan.
Kementerian Perdagangan dalam akun resmi media sosialnya mengatakan kosmetik halal Indonesia mengalami kenaikan ekspor di berbagai negara.
Tren kosmetik halal Indonesia sejalan dengan naiknya jumlah pemakai skincare, jumlah penduduk muslim dunia yang terus bertambah, dan kesadaran masyarakat dunia akan isu lingkungan hidup.
Kosmetik halal juga memenuhi kebutuhan pengguna skincare akan produk yang bersih, halal dan ramah lingkungan.
Ekspor kosmetik halal produk Indonesia telah mengalami peningkatan permintaan di sejumlah negara tujuan: Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, India, Taiwan dan Timor Leste.
Di media sosial, review kosmetik Indonesia oleh konten kreator kecantikan dari berbagai negara banyak ditemukan, dan mereka menyarankan audiens untuk mencobanya.
Kosmetik Indonesia selain halal, juga dikenal berkualitas bagus sekaligus berharga murah.
Bahkan tahun lalu, Wardah yang merupakan brand pelopor kosmetik halal dinobatkan Campaign Asia sebagai brand kosmetik paling populer di kawasan Asia Tenggara.
Wardah mengalahkan brand-brand internasional yang lebih besar dan lawas seperti Vaseline, Dove dan Nivea.
Kementerian Perdagangan dalam catatan statistik menyebut pertumbuhan ekspor kosmetik halal Indonesia selama lima tahun terakhir (2020-2024) memperlihatkan angka yang positif, 8,05%.
Selama tahun 2024 nilai ekspor kosmetik halal Indonesia mencapai USD 153,76 juta.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif