Bacaini.id, KEDIRI – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melantik 61 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. Pelantikan ini untuk memenuhi kebutuhan kinerja organisasi pemerintah daerah.
“Ini sesuai dengan kebutuhan (dalam organisasi),” kata Hanindhito Himawan Pramana usai pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat di Ruang Joyoboyo, Pemkab Kediri, melalui siaran pers Sabtu, 23 Maret, 2024.
Ia menjelaskan, dari 61 pejabat itu, terdapat tiga kepala dinas dan seorang kepala badan. Masing-masing Mamiek Amiyati yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) dilantik sebagai staf ahli bidang perekonomian, keuangan dan pembangunan. Adapula, Agus Sugiharto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) dilantik sebagai staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM.
Lalu, juga termasuk Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sri Ilham Wahyu Subekti, dilantik menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Kemudian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kediri Sonny Subroto Maheri Laksono dilantik menjadi, asisten administrasi perekonomian dan pembangunan Setda Kabupaten Kediri.
Terpisah, Kasi Trantib Kecamatan Pare yang juga baru dilantik, Mutoin mengaku, jika pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan karena penjabat sebelumnya memasuki usia pensiun.
“Dengan menempati jabatan baru, saya siap menjalankan tugas sebaik mungkin. Khususnya saat Ramadan ini, menjaga ketertiban dan keamanan di Kecamatan Pare,” katanya.
Menanggapi pelantikan pejabat ini, Wakil Ketua Komisi 1, DPRD Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono meminta, agar pengisian jabatan Kepala Dinas yang baru bukan hanya diisi oleh Pelaksana Tugas atau Penjabat Sementara.
“Ya pergeseran posisi jabatan itu hal biasa. Namun, idealnya jika ada Kepala Dinas yang dimutasi maka ada baiknya penempatannya bisa diisi oleh mereka yang benar-benar dipilih sebagai Kepala Dinas, bukan sebagai PLT,” kata Lutfi.
Ia berharap, dengan dilantiknya puluhan pejabat tersebut maka mereka bisa segera mengikuti beragam Program Pemerintah Kabupaten Kediri. Hal paling utama dapat melayani masyarakat sebaik mungkin.(ADV)