Bacaini.ID, KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri sukses meraih kategori tinggi pada capaian Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Tahun 2025 yakni pada angka 55,38 atau lebih tinggi dibandingkan capaian yang diraih Provinsi Jawa Timur (49,17) dan Nasional (44,53). Hal itu diungkapkan Rony Yusianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri, Selasa (23/12). Menurutnya, IMDI merupakan alat ukur yang menunjukkan semakin tinggi indeks yang diraih maka semakin merata digitalisasi di suatu daerah. Dengan berhasilnya meraih kategori tinggi dalam survei tersebut, menunjukkan bahwa masyarakat Kota Kediri sudah melek digital termasuk dalam pemanfaatannya.
Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Digital, IMDI merupakan suatu pengukuran tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaan. Adapun tujuan pengukuran IMDI ialah untuk mengetahui tingkat kompetensi digital masyarakat, mendorong inklusivitas dalam ekonomi digital, pentingnya memiliki pengukuran hingga tingkat kabupaten/kota, dan sebagai acuan dalam perencanaan program pengembangan SDM Digital di Indonesia.
Rony mengemukakan strategi yang selama ini dilakukan yakni melalui pemberdayaan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) selaku ujung tombak Diskominfo di kelurahan. “Sejauh ini kita bersama KIM selalu mendiseminasikan informasi dan teknologi informasi yang ada, termasuk pemanfaatan website pemerintah, optimalisasi aplikasi-aplikasi di kelurahan, dan pemanfaatan medsos milik Pemkot Kediri,” jelasnya. Sebagai upaya peningkatan kapasitas KIM, pihaknya juga rutin menyelenggarakan workshop yang membahas lebih dalam tentang menulis berita, fotografi, dan cara menyajikan produk jurnalistik lebih baik.
Lebih dari itu, Dirinya mengatakan bahwa prestasi Kota Kediri itu tak lepas dari dukungan pihak lain, baik itu institusi pemerintahan maupun non pemerintahan. “Dalam skor tinggi ini semua saling berkesinambungan. Dunia digital sangat luas, contoh digitalisasi dalam perbankan akan mempermudah proses transaksi. Begitu pula dengan jaringan internet yang disediakan ISP dapat menjalankan berbagai layanan digital,” terangnya. Terkait pelayanan publik, Ia juga mengatakan melalui pemanfaatan teknologi dapat menaikkan level kualitas pelayanan yang lebih efektif dan efisien.
Di era digital yang semakin canggih, Rony berpesan kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan teknologi. “Segala sesuatu ada manfaat dan mudaratnya, kami berharap masyarakat bisa menggunakan teknologi informasi secara positif,” pungkasnya.(ADV)





