Bacaini.ID, JEMBER – Kabar gembira buat warga Jember yang ingin bekerja ke luar negeri. Mulai Senin, 1 Oktober 2025, semua layanan terkait Pekerja Migran Indonesia (PMI) sudah tersedia di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jember, kantor PTSP Pemkab Jember.
Selama ini, calon PMI asal Jember harus menempuh perjalanan ke Banyuwangi untuk mengurus berkas keberangkatan. Jelas menyulitkan, baik dari segi biaya maupun waktu.
“Biasanya warga Jember kalau mau berangkat jadi PMI harus ke Banyuwangi dulu untuk urus surat-surat. Sekarang cukup di Jember,” kata Bupati Jember Muhammad Fawait atau Gus Fawait, saat konferensi pers Pro Gus’e di halaman Kantor Pemkab Jember, Kamis (28/8/2025).
Menurutnya, kebijakan ini bisa terealisasi setelah koordinasi dengan kementerian terkait. Gus Fawait menegaskan, hadirnya layanan ini adalah bentuk nyata komitmen Pemkab Jember untuk melindungi PMI asal daerahnya.
Tak berhenti di situ, Pemkab juga menyiapkan program pelatihan khusus bagi calon PMI. Pelatihan ini digelar bersama kementerian dengan kurikulum yang menyesuaikan negara tujuan kerja.
“Ke depan, yang mau berangkat atau punya niat jadi PMI akan dapat pelatihan sesuai standar negara tujuan,” jelasnya.
Pemkab Jember juga menaruh perhatian pada keluarga PMI. Salah satunya lewat beasiswa khusus bagi anak-anak PMI. “Kalau daftar beasiswa, ada kategori khusus anak PMI,” tambah Gus Fawait.
Dengan adanya kemudahan layanan, pelatihan, hingga dukungan pendidikan bagi keluarga, Pemkab Jember berharap warganya bisa lebih siap dan terlindungi saat bekerja di luar negeri.
Penulis : Mega