Bacaini.ID, KEDIRI – Indonesia merupakan salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia sekaligus memiliki pengguna media sosial paling aktif.
Dengan jutaan pengguna media sosial, Indonesia beriklim kondusif bagi para konten kreator.
Bahkan Indonesia juga dikenal sebagai ladang subur para konten kreator luar negeri untuk menaikkan engagement.
Tak sedikit konten kreator jadi influencer, yang seringkali dipakai sebagai ujung tombak marketing, baik untuk usaha skala besar maupun kecil.
Influencer diketahui punya fungsi ganda, mampu membangun opini baik dan bisa untuk menghancurkan reputasi pihak lain.
Dikutip dari Algo Research, ini beberapa tipe influencer dan penghasilan fantastis yang mereka peroleh dari endorsement.
Mega influencers
Influencer dengan pengikut media sosial lebih dari satu juta. Merupakan influencer papan atas dan biasanya golongan selebriti.
Rate card atau tarif endorsement mereka paling mahal hingga menyentuh ratusan juta bahkan milyar per endorsement.
Rata-rata tarif endorsement mega influencers berkisar 25-30 juta rupiah baik di TikTok maupun instagram.
Namun beberapa influencer yang memiliki pengaruh besar, tarif endorsement bisa jauh melebihi tarif rata-rata.
Misalnya pasangan suami istri Rafi Ahmad dan Nagita Slavina. Data Algo Research menyebut angka 100 juta rupiah untuk tarif endorsement per posting di media sosial mereka.
Atau Fuji yang dikabarkan bertarif hingga 150 juta per endorsement.
Yang termahal adalah tarif endorsement Raditya Dika, yakni menyentuh angka 1,16 miliar rupiah per endorsement. Angka yang fantastis.
Macro influencers
Influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 100 ribu hingga satu juta.
Rate card macro influencers berkisar antara empat hingga sebelas juta rupiah bahkan lebih.
Macro influencers biasanya adalah para konten kreator yang hanya dikenal di media sosial atau selebriti kelas dua.
Micro influencers
Influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 10 ribu hingga 100 ribu.
Rate card influencer mikro berkisar antara 300 ribu hingga 500 ribu rupiah per posting.
Nano influencers
Influencer dengan jumlah pengikut kurang dari 10 ribu. Nano influencers banyak ditemukan di daerah-daerah dengan berbagai konten.
Rate card mereka berkisar antara 120 ribu hingga 225 ribu rupiah per posting.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif