• Login
  • Register
Bacaini.id
Tuesday, September 30, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Terungkap Kenapa yang Kita Bicarakan Tiba-tiba Bisa Muncul di Konten Media Sosial

ditulis oleh Editor
24/01/2025
Durasi baca: 2 menit
587 24
0
Terungkap Kenapa yang Kita Bicarakan Tiba-tiba Bisa Muncul di Konten Media Sosial

Terungkap Kenapa yang Kita Bicarakan Tiba-tiba Muncul di Konten Media Sosial (foto ilustrasi/freepik)

Bacaini.ID, KEDIRI – Apa yang kita inginkan atau sedang dibicarakan tiba-tiba muncul di ponsel dalam bentuk iklan atau konten media sosial.  

Bahkan yang kita pikirkan terkadang muncul secara tak terduga di medsos dalam waktu hampir bersamaan. Yang mengherankan lagi, hal itu berlangsung berulang-ulang.

Sebagian orang yang sadar tapi tidak mendapat jawaban sampai-sampai berfikir soal intuisi dan hal-hal semacamnya. Apakah ponsel memang bisa membaca pikiran?

Dikutip dari Infipop, berikut hal-hal yang membuat iklan dan konten di media sosial muncul seperti apa yang kita pikirkan dan bicarakan. 

Cookie

Pasti sudah sering baca istilah ini ketika sedang membuka web atau membersihkan memori ponsel.

Cookie adalah ‘mata-mata’ yang merekam aktifitas kita dalam penggunaan internet.

Fungsi cookie adalah untuk mengingat preferensi pengguna seperti lokasi, bahasa, ukuran font.

Cookie juga merekam apa saja yang kita klik/tap untuk memberi informasi konten atau iklan apa yang sesuai dengan kita. 

Algoritma

Sistem yang digunakan media sosial dalam menganalisis pola penggunanya.

Algoritma bahkan bisa menebak apa saja yang bakal kita butuhkan dari menganalisis perilaku bermedia sosial kita.

Dengan algoritma, pengguna media sosial bisa dengan mudah menemukan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan. 

Baader-Meinhof phenomenon

Munculnya iklan atau konten yang sesuai dengan isi percakapan kita biasanya juga terjadi karena Baader-Meinhof phenomenon.

Fenomena yang terjadi karena kinerja otak. Baader-Meinhof phenomenon juga dikenal sebagai ilusi frekuensi.

Fenomena ini adalah bias kognitif yang membuat seseorang merasa bahwa sesuatu yang baru saja ia perhatikan muncul lebih sering.

Hal ini terjadi karena peningkatan kesadaran terhadap sesuatu, bukan karena frekuensi kejadiannya yang sebenarnya meningkat. 

Microphone Ponsel

Banyak yang meyakini jika microphone bisa merekam isi pembicaraan kita dan menyimpannya sebagai data.

Walaupun beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook telah menyatakan tidak menggunakan microphone ponsel untuk merekam data pengguna, namun banyak aplikasi lain yang diduga ‘mencuri’ data pengguna lewat microphone ponsel.

Jika tak ingin data kita direkam lewat microphone, matikan fitur microphone yang ada di setiap aplikasi atau setting untuk hanya bisa digunakan jika aplikasi sedang aktif. 

Penulis: Bromo Liem

Editor: Solichan Arif

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: algoritmacookiekonten media sosialponsel
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Mengapa Soeharto Tidak Masuk Target Penculikan PKI

Mengapa Soeharto Tidak Masuk Target Penculikan PKI

“Langit Runtuh di Tengah Doa”, Tragedi Ambruknya Atap Ponpes Al Khoziny Sidoarjo

“Langit Runtuh di Tengah Doa”, Tragedi Ambruknya Atap Ponpes Al Khoziny Sidoarjo

Work from home parenting

Ini Work From Home Parenting Untuk Ortu yang Bisnis di Rumah

  • Bupati Blitar merayakan puncak hari jadi yang dibayangi isu gratifikasi

    Isu Gratifikasi Membayangi Puncak Hari Jadi Blitar

    2920 shares
    Share 1168 Tweet 730
  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15563 shares
    Share 6225 Tweet 3891
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16619 shares
    Share 6648 Tweet 4155
  • Lagu Nasakom Bersatu, Siapa yang Dimaksud Kepala Batu?

    567 shares
    Share 227 Tweet 142
  • Pamer Hummer Listrik 4,5 M, “Rahasia” Ketenaran Gus Iqdam Dibongkar Netizen

    10874 shares
    Share 4350 Tweet 2719

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist