Bacaini.ID, KEDIRI – Era digital telah menggeser minat sebagian besar anak dalam membaca buku beralih menggunakan gadget. Untuk itu, dalam dunia pendidikan guru dituntut melek digital agar mampu menciptakan bahan pembelajaran berbasis digital yang menyenangkan bagi anak. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan Kota Kediri menggelar kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Penggunaan Konten Digitan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Selasa (16/9) di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala HIMPAUDI dan seluruh Kepala Sekolah Kelompok Belajar (KB) se-Kota Kediri yang diwajibkan membawa perangkat laptop untuk menunjang praktikum.
Di lain kesempatan, Moh Anang Kurniawan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri berpendapat, pemanfaatan konten digital memiliki berbagai manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Konten digital PAUD memungkinkan adanya keseragaman pengamatan atau persepsi belajar pada masing-masing anak, membangkitkan motivasi belajar, menyajikan informasi dan pesan secara konsisten dan dapat diulang, serta menyediakan media belajar dengan bahasa dan gambar yang dipahami anak sesuai karakteristik peserta didik.
“Dari beberapa manfaat yang Saya sebutkan, dapat disimpulkan bahwa media dapat membantu guru dalam memberikan informasi secara detail dan memotivasi anak usia dini untuk menerima pembelajaran. Lalu juga bisa memberi variasi pada metode mengajar bagi guru, sehingga anak tidak cepat bosan,” ujarnya. Ia juga berpesan kepada seluruh pengajar agar bersemangat mengikuti kegiatan ini guna meningkatkan kualitas diri menciptakan bahan pembelajaran berkualitas bagi anak didik.
Di lain sisi, Ika Agustina, Guru TK DW Pakunden II mengatakan bahwa media pembelajaran memudahkan anak memahami materi yang disampaikan guru sehingga dapat mempengaruhi pemahaman terhadap topik pembelajaran. Dirinya menyebutkan dalam membuat media pembelajaran berbasis digital untuk siswa PAUD dapat memanfaatkan platform Canva dan PowerPoint. “Dengan memanfaatkan Canva, bisa berupa: teks, visual, audio visual objek nyata lingkungan sekitar. Kemudian pada PowerPoint, contohnya: menampilkan lagu dan animasi edukatif; menyampaikan cerita bergambar; mengenalkan huruf, angka, warna, dan bentuk secara visual; dan memutar video pendek sebagai bagian dari kegiatan belajar. Ia berharap melalui kegiatan ini seluruh guru KB di Kota Kediri bisa selalu mengikuti perkembangan teknologi, sehingga tetap terdepan dalam menghadirkan metode pembelajaran yang terkini dan menyenangkan bagi siswa. (ADV)