Bacaini.ID, KEDIRI – Saat ini membangun branding usaha di media sosial sudah menjadi ‘kewajiban’ pelaku bisnis.
Baik bisnis skala besar maupun kecil, memaksimalkan media sosial untuk menggaet target pasar, jadi pilihan.
Media sosial terbukti lebih efektif dan berdampak lebih luas ketimbang beriklan secara konvensional.
Dikutip dari Niko Julius, pengajar digital marketing khusus instagram bisnis, berikut tips memaksimalkan konten instagram agar lebih efektif dalam menjangkau audiens.
Tentukan Target Audiens dengan Jelas
Menentukan target audiens secara jelas, memudahkan kita untuk membuat tema konten.
Jika engagement jelek artinya konten memiliki jangkauan yang buruk pula. Target tidak terpetakan secara baik.
Konten yang Relevan
Selain mengenalkan bisnis, konten yang kita bagikan harus relevan dengan target audiens.
Interaksi dan jangkauan postingan memiliki hubungan dua arah yang dipengaruhi relevansi konten.
Distribusi Konten
Beberapa fitur dalam instagram maupun media sosial lain memiliki karakteristik tersendiri yang harus diketahui dan dimaksimalkan.
Misal, feed atau reels lebih memungkinkan untuk menjangkau followers dan audiens baru. Story, lebih dominan akan muncul hanya pada followers aktif saja.
Maksimalkan Hastag
Hastag meningkatkan jangkauan postingan, karenanya maksimalkan penggunaan hastag. Di instagram, maksimal penggunaan hastag adalah 30.
Bagi jumlah hastag, selain dicantumkan dalam caption, juga masukkan dalam kolom komentar pertama.
Bangun Hubungan dengan Audiens
Aktif membalas komentar oleh audiens sangat disarankan. Pun memberi komentar di postingan akun lain yang lebih besar, juga disarankan.
Hal ini akan sangat memengaruhi algoritma pada akun kita.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif