Bacaini.ID, JEMBER – Upaya Kabupaten Jember memasarkan potensi wisatanya akhirnya membuahkan hasil. Daerah berjuluk Kota Pandhalungan ini berhasil meraih Juara 3 kategori Best Marketing Campaign dalam ajang East Java Tourism Marketing Award (EJTMA) 2025, yang digelar di Alun-Alun Kota Surabaya, Selasa (15/10/2025).
Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim kepada daerah-daerah yang dinilai berhasil mengembangkan strategi promosi pariwisata secara kreatif dan berdampak luas.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy, mengungkapkan bahwa capaian ini melalui proses panjang dan ketat sejak awal penilaian.
“Prosesnya cukup panjang. Dimulai dari seleksi berkas hingga masuk 20 besar, lalu paparan dan wawancara, sampai akhirnya lolos enam besar dan dilakukan penilaian lapangan oleh tim juri,” ujar Bobby pada Kamis (16/10/2025).
Menurutnya, tim juri juga datang langsung ke Jember untuk menilai bagaimana pelaksanaan kampanye pemasaran wisata dilakukan di lapangan. Aspek kreativitas, dampak terhadap masyarakat, serta konsistensi promosi menjadi poin penting dalam penjurian.
Hasilnya, Jember dinilai berhasil menampilkan konsep pemasaran wisata yang inovatif dan berkelanjutan.
“Ini bukan hanya kemenangan instansi, tapi juga bukti semangat teman-teman di Disparbud untuk terus berinovasi dan berimprovisasi dalam mempromosikan pariwisata Jember,” tambah Bobby.
Penghargaan ini menjadi motivasi baru bagi Pemkab Jember untuk memperkuat strategi promosi pariwisata daerah. Ke depan, Disparbud berkomitmen menampilkan keunikan Jember tidak hanya melalui event besar seperti Jember Fashion Carnaval, tetapi juga lewat destinasi lokal dan budaya masyarakat pesisir serta pegunungan yang kaya cerita.
Penulis : Mega