• Login
  • Register
Bacaini.id
Monday, June 2, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Mengenal Scent Marketing, Trik Jualan Jitu yang Belum Banyak Dilakukan

ditulis oleh Editor
23/02/2025
Durasi baca: 3 menit
523 11
0
Mengenal Scent Marketing, Trik Jualan Jitu yang Belum Banyak Dilakukan

Mengenal Scent Marketing, Trik Jualan Jitu yang Belum Banyak Dilakukan (foto ilustrasi/freepik)

Bacaini.ID, KEDIRI – Pernah mencium bau harum yang menggugah selera dari toko roti? Atau hafal dengan aroma lobi hotel yang bikin merasa nyaman?

Atau merasa penasaran dengan aroma asing atau jenis pengharum tempat-tempat tertentu yang menggoda indera penciuman?

Perlu diketahui, rasa nyaman yang berasal dari aroma-aroma tersebut adalah bagian dari ‘scent marketing’. Apa itu?

Scent marketing merupakan bagian dari pendekatan pemasaran sensorik multifaset.

Sasarannya langsung pada indera penciuman konsumen, dengan tujuan untuk memicu kenangan atau hubungan yang khas.

Dikutip dari AOK Marketing, metodologi di balik praktik ini berkisar pada pemilihan dan penyebaran aroma tertentu secara hati-hati di ruang yang terkait langsung dengan kehadiran sebuah brand.

Tujuan utama di balik scent marketing terletak pada perancangan kesan yang menyenangkan dan bertahan lama, yang itu meningkatkan kesetiaan konsumen.

Tujuan ekonomisnya memperkuat kemungkinan lonjakan penjualan.

Pencitraan brand dari aroma merupakan komponen penting dalam scent marketing.

Hal ini mencakup penciptaan wewangian eksklusif yang mencerminkan esensi brand. Mirip dengan mengenali brand melalui logo atau palet warnanya.

Berikut beberapa alasan mengapa branding dengan kekuatan aroma itu penting:

Menciptakan Pengalaman Brand yang Berkesan

Indera penciuman kita lebih terkait erat dengan memori dan emosi ketimbang indra lainnya.

Artinya, aroma yang khas dan menyenangkan dapat menciptakan kesan mendalam pada pelanggan, sehingga menjadikan merek lebih berkesan.

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Aroma yang menyenangkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

Konsumen merasa lebih nyaman dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di toko atau tempat usaha tersebut.

Semakin lama pelanggan tinggal, semakin tinggi kemungkinan peningkatan pembelian.

Membangun Identitas Brand yang Kuat

Sama seperti elemen visual seperti logo dan skema warna, aroma khas dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas merek.

Jika digunakan secara konsisten, wewangian ini dapat memperkuat brand di benak orang-orang, sehingga meningkatkan pengakuan dan loyalitas.

Merangsang Emosi Positif

Aroma dapat membangkitkan berbagai macam emosi. Dengan memilih wewangian yang memicu perasaan positif, bisnis dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyenangkan dan memuaskan, sehingga menghasilkan bisnis yang berulang.

Membedakan Merek Anda dari Pesaing

Di tempat yang ramai, aroma khas yang unik dapat membantu brand terlihat menonjol.

Ini menambah dimensi ekstra pada identitas merek dan memberi pelanggan alasan untuk memilih merek tersebut dibandingkan merek lain.

Dalam Journal of Sensory Studies bahkan disebutkan bahwa aroma bisa meningkatkan pengenalan brand hingga 100 kali lebih efektif dibanding visual, menjadikannya alat pemasaran yang tak tergantikan. 

Penulis: Bromo Liem

Editor: Solichan Arif

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: marketingscent marketingtrik jualan
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Ini Cara Obati Jerawat Ringan Untuk Orang Dewasa

Ini Cara Obati Jerawat Ringan Untuk Orang Dewasa

Hati Penyair Chairil Anwar Patah di Paron Ngawi

Hati Penyair Chairil Anwar Patah di Paron Ngawi

Indonesia Negara Mayoritas Muslim dengan Gereja Terbanyak di Dunia

Indonesia Negara Mayoritas Muslim dengan Gereja Terbanyak di Dunia

  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15297 shares
    Share 6119 Tweet 3824
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16575 shares
    Share 6630 Tweet 4144
  • Pamer Hummer Listrik 4,5 M, “Rahasia” Ketenaran Gus Iqdam Dibongkar Netizen

    10856 shares
    Share 4342 Tweet 2714
  • Warna Bulu Kucing Ternyata Menunjukkan Wataknya

    4959 shares
    Share 1984 Tweet 1240
  • Eks Kapolres Trenggalek Terungkap Bawa Arca Durga ke Bogor

    2798 shares
    Share 1119 Tweet 700

 

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist