Bacaini.ID, KEDIRI – Pernah mencium bau harum yang menggugah selera dari toko roti? Atau hafal dengan aroma lobi hotel yang bikin merasa nyaman?
Atau merasa penasaran dengan aroma asing atau jenis pengharum tempat-tempat tertentu yang menggoda indera penciuman?
Perlu diketahui, rasa nyaman yang berasal dari aroma-aroma tersebut adalah bagian dari ‘scent marketing’. Apa itu?
Scent marketing merupakan bagian dari pendekatan pemasaran sensorik multifaset.
Sasarannya langsung pada indera penciuman konsumen, dengan tujuan untuk memicu kenangan atau hubungan yang khas.
Dikutip dari AOK Marketing, metodologi di balik praktik ini berkisar pada pemilihan dan penyebaran aroma tertentu secara hati-hati di ruang yang terkait langsung dengan kehadiran sebuah brand.
Tujuan utama di balik scent marketing terletak pada perancangan kesan yang menyenangkan dan bertahan lama, yang itu meningkatkan kesetiaan konsumen.
Tujuan ekonomisnya memperkuat kemungkinan lonjakan penjualan.
Pencitraan brand dari aroma merupakan komponen penting dalam scent marketing.
Hal ini mencakup penciptaan wewangian eksklusif yang mencerminkan esensi brand. Mirip dengan mengenali brand melalui logo atau palet warnanya.
Berikut beberapa alasan mengapa branding dengan kekuatan aroma itu penting:
Menciptakan Pengalaman Brand yang Berkesan
Indera penciuman kita lebih terkait erat dengan memori dan emosi ketimbang indra lainnya.
Artinya, aroma yang khas dan menyenangkan dapat menciptakan kesan mendalam pada pelanggan, sehingga menjadikan merek lebih berkesan.
Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Aroma yang menyenangkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.
Konsumen merasa lebih nyaman dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di toko atau tempat usaha tersebut.
Semakin lama pelanggan tinggal, semakin tinggi kemungkinan peningkatan pembelian.
Membangun Identitas Brand yang Kuat
Sama seperti elemen visual seperti logo dan skema warna, aroma khas dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas merek.
Jika digunakan secara konsisten, wewangian ini dapat memperkuat brand di benak orang-orang, sehingga meningkatkan pengakuan dan loyalitas.
Merangsang Emosi Positif
Aroma dapat membangkitkan berbagai macam emosi. Dengan memilih wewangian yang memicu perasaan positif, bisnis dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyenangkan dan memuaskan, sehingga menghasilkan bisnis yang berulang.
Membedakan Merek Anda dari Pesaing
Di tempat yang ramai, aroma khas yang unik dapat membantu brand terlihat menonjol.
Ini menambah dimensi ekstra pada identitas merek dan memberi pelanggan alasan untuk memilih merek tersebut dibandingkan merek lain.
Dalam Journal of Sensory Studies bahkan disebutkan bahwa aroma bisa meningkatkan pengenalan brand hingga 100 kali lebih efektif dibanding visual, menjadikannya alat pemasaran yang tak tergantikan.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif