Bacaini.ID, BLITAR – PT KAI Daop 7 Madiun menambah satu rangkaian kereta api (KA) jarak jauh selama masa angkutan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026.
Adanya tambahan rangkaian kereta api selama Nataru untuk mengantisipasi lonjakan okupansi penumpang yang diperkirakan mengalami peningkatan cukup tinggi.
Baca Juga:
- Diskon 12.12 PT KAI Daop 7 Madiun, Naik KA Potongan Tiket 20 Persen
- Cara KAI Daop 7 Madiun Menangani Pelecehan Seksual di Kereta
- PT KAI Daop 7 Madiun Manjakan Pecinta Gandrung Sewu Banyuwangi
Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, mengatakan masa angkutan Nataru berlangsung selama 18 hari, mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Puncak arus mudik penumpang KA diperkirakan berlangsung pada 24 Desember 2025 dan arus balik penumpang pada 28 Desember 2025.
“Selain mengoperasikan kereta api reguler jarak jauh, KAI Daop 7 Madiun juga menambah perjalanan kereta api tambahan, yaitu KA Brantas Tambahan relasi Stasiun Blitar–Madiun–Pasarsenen PP,” ujar Zainul kepada wartawan Minggu (14/12/2025).
Rangkaian KA Brantas Tambahan diketahui membawa 5 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas tempat duduk (TD) 250 kursi atau total 4.500 TD selama masa angkutan Nataru 2025/2026.
Juga membawa 4 kereta ekonomi New Generation dengan kapasitas 288 TD atau total 5.184 TD. Sementara hingga saat ini pemesanan tiket kereta api di wilayah Daop 7 Madiun menunjukkan tren peningkatan.
Dari total sebanyak 65.556 tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan selama masa angkutan Nataru, sebanyak 46.866 tiket telah dipesan.
Menurut Zainul, tujuan favorit penumpang selama libur Nataru antara lain Semarang, Yogyakarta, Malang, Jakarta, dan Bandung.
Tingginya permintaan tersebut membuat KAI Daop 7 Madiun perlu menambah kapasitas angkut agar layanan tetap optimal.
Sementara KA favorit selama periode Nataru di wilayah Daop 7 antara lain KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong PP dan KA Bangunkarta kelas ekonomi relasi Stasiun Jombang–Pasarsenen PP.
“Masyarakat kami imbau untuk merencanakan perjalanan sejak dini dan membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI atau kanal penjualan resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI,” pungkas Zainul.
Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan kereta api dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp 081-122-233-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.
Penulis: Solichan Arif





