Bacaini.id, MADIUN – PT Kereta Api Indonesia meminta maaf atas gangguan perjalanan kereta api akibat banjir di Semarang. Sedikitnya lima perjalanan kereta api di wilayah Daop 7 Madiun terpaksa dialihkan.
Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan banjir yang terjadi sejak 31 Desember 2022 telah mengganggu perjalanan kereta api. Curah hujan yang sangat tinggi sejak Sabtu dini hari menyebabkan banjir dan menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan aktivitas di Stasiun Semarang Tawang.
“Sampai pagi ini hujan masih terjadi dan air masih menggenangi Stasiun Semarang Tawang setinggi 20 cm. Kemudian pada jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang – Alastua di km 2+2 s.d 4+6 jalur hilir ketinggian air mencapai 28 cm, sedangkan di km 2+4 s.d 4+4 jalur hulu ketinggian air yaitu 26 cm,” terang Supriyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 1 Januari 2023.
Mengatisipasi hal itu, lima perjalanan kereta api dari wilayah Daop 7 Madiun yang melintasi Semarang terpaksa dilakukan rekayasa operasi. Seperti pengalihan perjalanan melewati jalur Selatan dengan rute perjalanan Stasiun Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, Jakarta.
Berikut daftar KA yang direncanakan akan memutar melalui jalur selatan:
1. KA Matarmaja 281/282 Malang – Pasar Senen pp
2. KA Brantas tambahan 7033a/7034a Blitar – Pasar Senen pp
3. KA Brantas reguler 109a/110a Blitar – Pasar Senen pp
4. KA Majapahit 251/252a Malang – Pasar Senen pp
5. KA Brawijaya 73a/74a Malang – Gambir pp
Atas pengalihan ini, PT KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan. KAI bersama seluruh stakeholder terus berupaya sebaik mungkin untuk dapat segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.
PT KAI juga telah memberikan Service Recovery bagi pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku. KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100% di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal 7 hari sejak jadwal keberangkatan KA.
Khusus untuk pelanggan yang akan naik KA dari KAI Daop 7 Madiun menuju Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, hingga Stasiun Tegal juga berhak mendapatkan pengembalian tiket 100%.
“Bagi para pelanggan yang sedang dalam perjalanan dapat langsung berkomunikasi dengan kondektur yang bertugas melalui no HP yang tertera di setiap dinding kereta. Pelanggan dapat menanyakan informasi terbaru terkait kondisi perjalanan KA yang saat ini sedang digunakan,” tambah Supriyanto.
Untuk info lebih lanjut terkait info pembatalan tiket dan update kondisi perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Penulis: HTW
Tonton video: