Bacaini.id, KEDIRI – Selama sembilan hari masa posko angkutan Lebaran 2022 PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 telah melayani sebanyak 59.615 pelanggan. Selama periode tersebut, jumlah rata-rata penumpang yang turun di 13 stasiun wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 5.700 penumpang per hari.
Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan jumlah tersebut terhitung mulai tanggal 22 sampai 30 April 2022 kemarin.
“Untuk di Stasiun Kediri selama periode tersebut, sudah melayani 5.261 pelanggan KA yang turun,“ ujar Ixfan, Minggu, 1 Mei 2022.
Ixfan mengatakan bahwa puncak arus mudik angkutan Lebaran 2022 terjadi pada Sabtu, 30 April 2022 atau H-2 lebaran. Jumlah pelanggan KA yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun terhitung sebanyak 3.840 orang.
“Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan H-2 lebaran 2019 lalu dengan pencapaian volume penumpang sebanyak 5.986 orang,” imbuhnya.
Sementara itu dalam periode yang sama, hingga 30 April kemarin jumlah pembatalan tiket keberangkatan di tujuh stasiun wilayah Daop 7 Madiun ada sebanyak 265 penumpang. Pembatalan tiket paling banyak terjadi di stasiun Madiun, terhitung sebanyak 87 tiket.
“Berdasarkan data mulai tanggal 22 sampai 30 April, di Kediri sendiri ada 63 orang yang melakukan pembatalan tiket,” ungkapnya.
Dengan jumlah tersebut, PT KAI Daop 7 Madiun memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Kamis, 4 Mei 2022 dengan jumlah penumpang sebanyak 6.774 orang.
Lebih lanjut Ixfan menjelaskan untuk persyaratan penumpang angkutan lebaran tahun 2022, PT KAI masih mengacu kepada SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022.
Ditambahkannya, rute yang menjadi favorit masyarakat di wilayah Daop 7 Madiun pada puncak arus mudik tanggal 30 April kemarin diantaranya relasi Madiun – Pasar Senen, Madiun – Lempuyangan dan Madiun – Yogyakarta.
“KAI terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi pelanggan KA demi terwujudnya angkutan Lebaran 2022 yang sehat, selamat, dan senang, ” tandasnya.
Penulis: Novira