“Perseteruan” BTS dan Stray Kids sedang trending di kalangan pemuja K-Pop tanah air. Meski cukup digemari, penggemar BTS ternyata masih lebih banyak dibanding Stray Kids.
Di Indonesia, penggemar BTS ternyata mengalahkan jumlah peminat Stray Kids. Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari materi lagu hingga persona masing-masing talent. “Saya suka BTS karena orangnya lucu dan ganteng,” kata Calista, remaja sekolah menengah pertama di Kediri yang menjadi anggota Army (penggemar BTS) sejak debut tahun 2013 silam.
Tak hanya menyukai lagunya, Calista juga bergabung dalam grup Whatsapp yang beranggotakan fans BTS (Army). “Biar bisa berbagi foto, video, jadi ikut grup,” katanya pada Bacaini.id.
Tidak hanya bergabung Army, Calista juga ikut gabung dengan grup lain yang beranggotakan multi fandom (beberapa fans K-pop). Selain berbagi video dan foto, mereka mendapat jadwal ketika boy group favoritnya melakukan konser secara Live melalui aplikasi.
Kecintaan pada BTS juga disampaikan Fiona. Gadis cilik ini menyukai BTS karena materi lagunya. “Lagi terbaru Life Goes On sangat keren,” katanya yang menganggap materi BTS jauh lebih kece dibanding Stray Kids.
Pesona BTS juga ditopang tongkrongan personil mereka yang memang di atas rata-rata. Jeon Jungkook yang menjadi maknae atau member termuda BTS menjadi magnet bagi remaja muda seperti Chelli. “Selain tampan, Jongkook memang berbakat dalam hal apapun sebagai idol. Mulai dari teknik bernyanyi, hingga koreografi. Selain itu, saat ada permaian, Jongkook juga selalu antusias untuk menang,” kata Chelli memuja idolanya.
Meski kalah jumlah, penggemar Stray Kids tak kalah mengumbar pujian. Menurut mereka lagu Stray Kids jauh lebih berenergi dibanding BTS. Mereka juga lebih gress dibanding BTS yang lebih dulu memulai debut. “Lebih seru Stray Kids,” kata Retta, pemuja Felix di Stray Kids.
Saat ini Retta sedang gandrung mendengarkan Back Door yang menjadi materi gacoan Stray Kids. Dengan ikon atau bias adalah Bang Chan sebagai leader sekaligus member tertua Stray Kids.
BTS dan Stray Kids memang beda generasi. BTS sudah debut sejak tahun 2013, sedangkan Stray Kids baru tahun 2017. Keduanya merupakan produk dari dua agensi besar di Korea Selatan.
Agensi yang menaungi Stray Kids bahkan sudah lebih dulu naik daun, yaitu JYP Entertainment (berdiri sejak 1997). JYP Entertainment sudah mencetak karya besar mulai dari penyanyi solo Bae Suzy, Boy Group Got7, Boy Story juga Stray Kids.
Sedangkan BTS merupakan produk pertama di bawah naungan Big Hit Entertainment, yang sekaligus membawa kesuksesan bagi agensi milik Bang Si Hyuk sebagai CEO. Big Hit berdiri sekitar tahun 2005, jauh lebih muda dibanding JYP Entertainment. Meski begitu, kesuksesan BTS sebagai Boy Grup membuat Big Hit meroket.
BTS mendunia sejak tahun 2015, dua tahun setelah debut pada tahun 2013. Melalui album The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 (2015) dan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever (2016), BTS berhasil menembus 200 chard teratas Billboard Amerika Serikat. Hingga saat ini BTS memiliki fans di seluruh dunia dengan prestasi dari ajang bergengsi di dunia.
Riset yang dilakukan Bacaini.id kepada penggemar K-Pop menyebutkan 7 dari 10 remaja milenial masih menaruh hati pada BTS dari pada Stray Kids.
Selain itu, BTS sudah memiliki banyak kegiatan yang dibagikan melalui media sosial. Dari situlah Army lebih mengenal member BTS secara personal, baik di atas panggung maupun di belakang (backstage).
Tak heran jika properti BTS juga paling banyak diburu dibanding Stray Kids, seperti tas sekolah, jaket, baju, gantungan kunci, lightstick Army Bomb, photo card dan poster.
Penulis: Novira
Editor: HTW