• Login
  • Register
Bacaini.id
Thursday, December 18, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Optimalkan Layanan Lapor Mbak Wali 112, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Chatbot 112

ditulis oleh Redaksi
28 November 2025 18:03
Durasi baca: 2 menit
Optimalkan Layanan Lapor Mbak Wali 112, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Chatbot 112

Optimalkan Layanan Lapor Mbak Wali 112, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Chatbot 112. Foto : Dok. Pemkot Kediri

Bacaini.ID, KEDIRI – Sebagai upaya menghadirkan layanan kedaruratan yang lebih responsif dan terintegrasi, Pemerintah Kota Kediri terus berbenah mengoptimalkan Layanan Lapor Mbak Wali 112. Seperti hari ini Jumat (28/11) Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan Bimbingan Teknis 112 Aplikasi Chatbot. Kegiatan ini mengusung Tema ‘Optimalisasi Layanan Kedaruratan melalui Penyesuaian Mekanisme Penggunaan Chatbot 112’ dengan menghadirkan operator layanan 112 dari berbagai OPD.

Hadir dan membuka kegiatan di Aula Dinas Kominfo, Rony Yusianto Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri mengatakan layanan Lapor Mbak Wali 112 Kota Kediri merupakan garda terdepan dalam menerima, memproses, dan merespon laporan kedaruratan dari masyarakat. Hal ini selaras dengan perkembangan kebutuhan layanan publik yang semakin cepat dan dinamis.

“Melalui kegiatan hari ini, kita bersama-sama melakukan penyesuaian mekanisme penggunaan nomor baru pada layanan chatbot 112. Hal ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan kecepatan respon, ketepatan verifikasi laporan, serta efektivitas koordinasi antar operator dan antar OPD. Dengan kata lain, kita sedang memperkuat fondasi smart emergency response system di Kota Kediri,” terangnya.

Dikatakan Rony, operator sebagai ujung tombak layanan 112 memegang peranan besar dalam keberhasilan program unggulan Kota Kediri. Kemampuan membaca laporan, memahami konteks, serta mengambil keputusan awal secara cepat adalah keterampilan penting yang harus terus ditingkatkan. “Optimalisasi chatbot 112 bukan hanya soal mengganti nomor atau menambah fitur. Lebih dari itu, ini adalah upaya untuk menghadirkan layanan kedaruratan yang responsif, terintegrasi, dan human centered, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pertolongan dengan lebih cepat dan tepat,” tandasnya.

Berdasarkan data Dinas Kominfo periode April sampai dengan September 2025 tercatat tingkat kepuasan masyarakat dengan adanya Layanan Aduan Chatbot Lapor Mbak Wali 112 menunjukkan tingkat kepuasan sangat tinggi. Dengan nilai rata-rata 4,86 dari 5 berdasarkan 1185 rating yang artinya layanan berjalan efektif dan mendapat kepercayaan masyarakat. Adapun lima aduan darurat teratas yang sering dilaporkan antara lain hewan buas atau berbisa, mobile ambulance, kegawatdaruratan lainnya, kecelakaan dan masalah sosial. Sedangkan untuk aduan Non Kegawatdaruratan meliputi bansos, penerangan jalan, pemangkasan pohon, pendidikan dan PDAM.

Rony berharap melalui pelatihan ini seluruh peserta dapat memahami pembaruan mekanisme dan teknis penggunaan chatbot 112, menyamakan prosedur kerja lintas perangkat daerah, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam penanganan laporan kedaruratan dan menjadikan layanan 112 sebagai layanan publik yang lebih adaptif dan terpercaya.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang diskusi lebih lanjut mengenai kendala atau kesulitan yang ada di lapangan. Memperkuat komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat karena setiap detik dalam layanan kedaruratan sangat berharga dan memiliki kontribusi langsung pada keselamatan dan kesejahteraan warga Kota Kediri,” pungkasnya. (ADV)

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Coretax!!! Sudah Tapi Belum

Coretax!!! Sudah Tapi Belum

CESGS Airlangga Perkenalkan Ukuran Baru Kinerja Direksi dan Komisaris

CESGS Airlangga Perkenalkan Ukuran Baru Kinerja Direksi dan Komisaris

Pekerja Migran: Jembatan Budaya dan Ekonomi Bangsa

Pekerja Migran: Jembatan Budaya dan Ekonomi Bangsa

  • pasar trenggalek

    Banyak Dapur MBG di Trenggalek Berhenti, Harga Jadi Stabil

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Soe Hok Gie Sebagai Sejarawan yang Jernih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PT Baca Ini Boga Resmi Ekspansi ke Bisnis Teknologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist


Warning: array_sum() expects parameter 1 to be array, null given in /www/wwwroot/Bacaini/wp-content/plugins/jnews-social-share/class.jnews-social-background-process.php on line 112