• Login
  • Register
Bacaini.id
Thursday, July 17, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai

ditulis oleh Editor
29/05/2025
Durasi baca: 2 menit
489 37
0
Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai

Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai (foto/ilustrasi/freepik)

Bacaini.ID, KEDIRI – Nasionalisme orang muda Indonesia tak perlu diragukan lagi.

Walaupun kekecewaan pada negara sering diluapkan di media sosial, mereka ternyata mewujudkan nasionalismenya dalam bentuk lain.

Dari berbagai sumber data, orang muda Indonesia adalah pecinta produk dalam negeri yang militan.

Kecintaan pada produk dalam negeri bisa dilihat dari kecenderungan masyarakat memilih brand lokal.

Lagu dalam negeri paling banyak diputar

Top 50 musik Indonesia dalam Spotify menunjukkan lagu-lagu lokal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Berbeda dengan negara-negara tetangga yang menunjukkan lagu paling banyak didengar adalah musisi internasional.

Dari 50 lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify, hanya 3 lagu dari musisi internasional yang masuk dalam daftar.

Selebihnya adalah musik dalam negeri karya anak bangsa.

Brand lokal fashion dan kecantikan

Merk-merk lokal baik fashion dan kecantikan juga lebih digemari oleh kalangan muda Indonesia.

Kesadaran pada kualitas produk lebih penting dari sekedar gaya hidup nampaknya mulai mengakar pada generasi muda.

Brand lokal fashion Indonesia dikenal memiliki kualitas bagus dengan harga yang relevan.

Begitupun dengan kosmetik produk lokal yang lebih dipilih karena selain murah, juga dianggap lebih sesuai dengan kulit orang Indonesia.

Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh Populix. Brand skincare lokal diminati oleh 76% konsumen Indonesia. Sementara 24% lainnya memilih merk internasional.

Pun terjadi pada brand fashion lokal yang diminati 80% konsumen, dan 20% merk internasional.

Film Indonesia kuasai bioskop

Menurut Katadata, dominasi film lokal di bioskop Indonesia sudah terjadi beberapa tahun belakangan.

Tahun 2022 market share film Indonesia telah mencapai 60% mengungguli film produksi Hollywood.

Tren ini semakin menguat di tahun 2024 dengan penjualan tiket bioskop yang mencapai 80 juta hanya untuk film Indonesia saja.

Penulis: Bromo Liem

Editor: Solichan Arif

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: nasionalismepasar lokalproduk lokal
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Tradisi Adu Betis di Sulawesi: Cara Menguji Ketangguhan Laki-laki

Tradisi Adu Betis di Sulawesi: Cara Menguji Ketangguhan Laki-laki

Pengusutan Korupsi Pokir DPRD Provinsi Jatim Kembali Menggelinding, Siapa yang Berikutnya Terjaring?  

Modus Operandi Korupsi Hibah Pokmas APBD Jatim di Blitar

Tahun 2025, Bisnis Sound Horeg di Blitar Masih Menggiurkan

Bupati Trenggalek Sikapi Fatwa Haram Sound Horeg dengan Aturan Jelas

  • KPK di Blitar Lanjut Periksa Saksi Korupsi Hibah APBD Jatim, Siapa Ketar-ketir?

    KPK di Blitar Lanjut Periksa Saksi Korupsi Hibah APBD Jatim, Siapa Ketar-ketir?

    975 shares
    Share 390 Tweet 244
  • Modus Operandi Korupsi Hibah Pokmas APBD Jatim di Blitar

    620 shares
    Share 248 Tweet 155
  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15410 shares
    Share 6164 Tweet 3853
  • Rayyan Dhika, Anak Tari Jalur Tuah Riau Yang Mendunia, Putra Nasabah PNM Mekaar

    960 shares
    Share 384 Tweet 240
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16592 shares
    Share 6637 Tweet 4148

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist


Warning: array_sum() expects parameter 1 to be array, null given in /www/wwwroot/Bacaini/wp-content/plugins/jnews-social-share/class.jnews-social-background-process.php on line 112