Bacaini.ID, KEDIRI – Nasionalisme orang muda Indonesia tak perlu diragukan lagi.
Walaupun kekecewaan pada negara sering diluapkan di media sosial, mereka ternyata mewujudkan nasionalismenya dalam bentuk lain.
Dari berbagai sumber data, orang muda Indonesia adalah pecinta produk dalam negeri yang militan.
Kecintaan pada produk dalam negeri bisa dilihat dari kecenderungan masyarakat memilih brand lokal.
Lagu dalam negeri paling banyak diputar
Top 50 musik Indonesia dalam Spotify menunjukkan lagu-lagu lokal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Berbeda dengan negara-negara tetangga yang menunjukkan lagu paling banyak didengar adalah musisi internasional.
Dari 50 lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify, hanya 3 lagu dari musisi internasional yang masuk dalam daftar.
Selebihnya adalah musik dalam negeri karya anak bangsa.
Brand lokal fashion dan kecantikan
Merk-merk lokal baik fashion dan kecantikan juga lebih digemari oleh kalangan muda Indonesia.
Kesadaran pada kualitas produk lebih penting dari sekedar gaya hidup nampaknya mulai mengakar pada generasi muda.
Brand lokal fashion Indonesia dikenal memiliki kualitas bagus dengan harga yang relevan.
Begitupun dengan kosmetik produk lokal yang lebih dipilih karena selain murah, juga dianggap lebih sesuai dengan kulit orang Indonesia.
Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh Populix. Brand skincare lokal diminati oleh 76% konsumen Indonesia. Sementara 24% lainnya memilih merk internasional.
Pun terjadi pada brand fashion lokal yang diminati 80% konsumen, dan 20% merk internasional.
Film Indonesia kuasai bioskop
Menurut Katadata, dominasi film lokal di bioskop Indonesia sudah terjadi beberapa tahun belakangan.
Tahun 2022 market share film Indonesia telah mencapai 60% mengungguli film produksi Hollywood.
Tren ini semakin menguat di tahun 2024 dengan penjualan tiket bioskop yang mencapai 80 juta hanya untuk film Indonesia saja.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif