• Login
  • Register
Bacaini.id
Tuesday, September 30, 2025
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL
No Result
View All Result
Bacaini.id

Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai

ditulis oleh Editor
29/05/2025
Durasi baca: 2 menit
490 37
0
Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai

Alasan Produk Lokal di Indonesia Lebih Dicintai (foto/ilustrasi/freepik)

Bacaini.ID, KEDIRI – Nasionalisme orang muda Indonesia tak perlu diragukan lagi.

Walaupun kekecewaan pada negara sering diluapkan di media sosial, mereka ternyata mewujudkan nasionalismenya dalam bentuk lain.

Dari berbagai sumber data, orang muda Indonesia adalah pecinta produk dalam negeri yang militan.

Kecintaan pada produk dalam negeri bisa dilihat dari kecenderungan masyarakat memilih brand lokal.

Lagu dalam negeri paling banyak diputar

Top 50 musik Indonesia dalam Spotify menunjukkan lagu-lagu lokal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Berbeda dengan negara-negara tetangga yang menunjukkan lagu paling banyak didengar adalah musisi internasional.

Dari 50 lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify, hanya 3 lagu dari musisi internasional yang masuk dalam daftar.

Selebihnya adalah musik dalam negeri karya anak bangsa.

Brand lokal fashion dan kecantikan

Merk-merk lokal baik fashion dan kecantikan juga lebih digemari oleh kalangan muda Indonesia.

Kesadaran pada kualitas produk lebih penting dari sekedar gaya hidup nampaknya mulai mengakar pada generasi muda.

Brand lokal fashion Indonesia dikenal memiliki kualitas bagus dengan harga yang relevan.

Begitupun dengan kosmetik produk lokal yang lebih dipilih karena selain murah, juga dianggap lebih sesuai dengan kulit orang Indonesia.

Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh Populix. Brand skincare lokal diminati oleh 76% konsumen Indonesia. Sementara 24% lainnya memilih merk internasional.

Pun terjadi pada brand fashion lokal yang diminati 80% konsumen, dan 20% merk internasional.

Film Indonesia kuasai bioskop

Menurut Katadata, dominasi film lokal di bioskop Indonesia sudah terjadi beberapa tahun belakangan.

Tahun 2022 market share film Indonesia telah mencapai 60% mengungguli film produksi Hollywood.

Tren ini semakin menguat di tahun 2024 dengan penjualan tiket bioskop yang mencapai 80 juta hanya untuk film Indonesia saja.

Penulis: Bromo Liem

Editor: Solichan Arif

Print Friendly, PDF & EmailCetak ini
Tags: nasionalismepasar lokalproduk lokal
Advertisement Banner

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

sekolah di Jombang tolak program MBG

Tolak Program MBG, Sekolah di Jombang Bikin Dapur Sendiri

Waspada E. Coli, Penyebab Keracunan di Program MBG

Kepala Daerah Diminta Aktif Mendukung Program MBG

3.151 Siswa di Kabupaten Kediri Mulai Makan Bergizi Gratis Hari Ini

Pemerintah Tutup Sementara SPPG Bermasalah, Kemampuan SDM Jadi Penyebab

  • Bupati Blitar merayakan puncak hari jadi yang dibayangi isu gratifikasi

    Isu Gratifikasi Membayangi Puncak Hari Jadi Blitar

    2920 shares
    Share 1168 Tweet 730
  • Kepemilikan tanah dengan Letter C, Petuk D, dan Girik mulai tahun 2026 tidak berlaku. Mulai urus sekarang juga !

    15562 shares
    Share 6225 Tweet 3891
  • Djarum Grup Akuisisi Bakmi GM, Pendapatannya Bikin Melongo

    16619 shares
    Share 6648 Tweet 4155
  • Lagu Nasakom Bersatu, Siapa yang Dimaksud Kepala Batu?

    563 shares
    Share 225 Tweet 141
  • Pamer Hummer Listrik 4,5 M, “Rahasia” Ketenaran Gus Iqdam Dibongkar Netizen

    10874 shares
    Share 4350 Tweet 2719

Bacaini.id adalah media siber yang menyajikan literasi digital bagi masyarakat tentang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan keamanan, hiburan, iptek dan religiusitas sebagai sandaran vertikal dan horizontal masyarakat nusantara madani.

© 2020 - 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Beriklan
  • Redaksi
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BACA
  • SOSOK
  • EKONOMI
  • BACAGAYA
  • INTERNASIONAL
  • OPINI
  • TEKNO & SAINS
  • REKAM JEJAK
  • PLURAL
  • HISTORIA
  • INFORIAL

© 2025 PT. BACA INI MEDIA. Hak cipta segala materi Bacaini.ID dilindungi undang-undang.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist