Bacaini.ID, KEDIRI – Digital marketing berkembang pesat yang salah satunya penggunaan endorsement influencer untuk meningkatkan penjualan dan promosi produk.
Endorsement selebriti dan Key Opinian Leaders (KOL) beberapa tahun belakangan meningkat pesat di Indonesia.
KOL merupakan ahli di bidangnya yang bekerja dengan brand tertentu untuk kepentingan marketing.
KOL bisa seorang dokter, ilmuwan, ahli teknik dan sebagainya yang memanfaatkan media sosial untuk kepentingan endorsement.
Biasanya orang-orang ini lebih dipercaya karena mereka dianggap lebih paham kualitas produk.
Sementara itu, selebriti memiliki audiens yang lebih luas dan fanatik. Profesi mereka di dunia entertainment pun menuntut untuk selalu update pada hal apapun misal fashion, dan tren lainnya.
Sebuah survei yang dipublikasikan di Good Stats, melibatkan 212 responden berusia 18-25 tahun di seluruh Indonesia, mencoba menelisik seberapa berpengaruh endorsement pada keputusan seseorang membeli produk.
Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas anak muda, sebanyak 71,7%, melihat konten endorsement para selebriti dan KOL di media sosial setiap hari.
Sementara itu keputusan mereka untuk membeli produk yang dipromosikan oleh para influencer ini didasari pada beberapa alasan.
Sebanyak 69,3% anak muda yang berbelanja karena pengaruh endorsement meyakini bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas bagus.
Alasan lainnya membeli produk adalah tergiur diskon dan promosi sebanyak 53,8%, penasaran terhadap produk 46,2%, dan sejumlah 7,5% hanya untuk mengikuti tren.
Dari data tersebut membuktikan bahwa pengaruh influencer baik itu selebriti maupun KOL, sangat besar dalam keputusan seseorang untuk membeli produk yang dipromosikan.
Hal ini terutama pada individu berusia muda yang memang lebih banyak terpapar pengaruh media sosial.
Penulis: Bromo Liem
Editor: Solichan Arif