Bacaini.id, SURABAYA – BPJS Ketenagakerjaan membuka rekrutmen dan seleksi Anggota Komite Non Dewan Pengawas (AKNDP). Pelamar yang berhasil lolos akan ditempatkan di Kantor Pusat, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Kriteria difabel fisik diperkenankan untuk mendaftar dalam rekrutmen ini. Dengan catatan keterbatasan fungsi gerak dan langkah dan bukan merupakan keterbatasan fungsi salah satu indera yang tidak mengurangi keterampilan mengoperasikan komputer.
Melansir dari website resmi https://rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id , berikut ini tiga posisi sekaligus syarat pendaftarannya.
Staf Anggota Komite Anggaran, Audit, dan Aktuaria
Tugas dan Tanggung Jawab
- Melakukan review dalam rangka:
- penetapan rencana kerja dan anggaran tahunan BPJS Ketenagakerjaan;
- persetujuan atas penentuan besaran alokasi surplus BPJS Ketenagakerjaan;
- persetujuan laporan pengelolaan program dan laporan keuangan tahunan BPJS Ketenagakerjaan serta bentuk dan isi publikasi laporan pengelolaan program dan laporan keuangan tahunan BPJS Ketenagakerjaan; dan
- pemindahtanganan aset tetap BPJS Ketenagakerjaan.
- Melakukan evaluasi proses pengadaan dan kualitas pekerjaan Kantor Akuntan Publik dan Aktuaris Independen,
- Melakukan evaluasi pengendalian internal dan penyelesaian rekomendasi hasil audit internal dan eksternal.
- Melakukan penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan komite Anggaran, Audit, dan Aktuaria.
- Mempersiapkan materi untuk peninjauan ke unit kerja.
- Melakukan pengolahan data dan pelaporan hasil kajian ke Dewan Pengawas.
- Mempersiapkan dan mengelola dokumen terkait Dewan Pengawas.
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Dewan Pengawas.
Staf Anggota Komite Manajemen Risiko, Investasi, dan Pelayanan
Tugas dan Tanggung Jawab
- Melakukan review terkait:
- Tata kelola manajemen risiko pada proses bisnis BPJS Ketenagakerjaan;
- faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil investasi Dana Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan serta rekomendasi mitigasinya;
- pengelolaan dan pengembangan investasi Dana Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan;
- pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi;
- kinerja pelayanan; dan
- rencana pemindahtanganan aset tetap BPJS Ketenagakerjaan.
- Melakukan koordinasi tindak lanjut pengawasan melalui Saluran Pelaporan Pelanggaran BPJS Ketenagakerjaan.
- Melakukan penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan Komite Manajemen Risiko, Investasi, dan Pelayanan.
- Mempersiapkan materi untuk peninjauan ke unit kerja.
- Melakukan pengolahan data dan pelaporan hasil kajian ke Dewan Pengawas.
- Mempersiapkan dan mengelola dokumen terkait Dewan Pengawas.
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Dewan Pengawas.
Staf Anggota Komite Kinerja Program dan Badan
Tugas dan Tanggung Jawab
- Melakukan review terhadap:
- Capaian kinerja BPJS Ketenagakerjaan;
- Kinerja Program JKK, JKM, JHT, JP dan JKP, serta inisiatif program baru;
- Kinerja Kepesertaan;
- Pengelolaan SDM; dan
- Implementasi tata kelola yang baik di BPJS Ketenagakerjaan
- Melakukan koordinasi dalam asesmen kinerja Badan kepada Kementerian/Lembaga terkait.
- Melakukan penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan Komite Kinerja Program dan Badan.
- Mempersiapkan materi untuk peninjauan ke unit kerja
- Melakukan pengolahan data dan pelaporan hasil kajian ke Dewan Pengawas.
- Mempersiapkan dan mengelola dokumen terkait Dewan Pengawas.
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Dewan Pengawas.
Persyaratan pendaftaran:
- Warga negara Republik Indonesia;
- Belum berulang tahun ke 60 (enam puluh) pada saat pendaftaran
- Memiliki jenjang pendidikan minimal S1, diutamakan S2, dengan program studi yang relevan dan telah terakreditasi minimal B pada saat kelulusan;
- Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dalam skala 4,00.
- Memiliki pengalaman kerja paling sedikit 5 (lima) tahun pada minimal salah satu bidang berikut yaitu akuntansi, anggaran, keuangan, audit, pengawasan internal dan / atau aktuaria;
- Memiliki pengetahuan yang baik mengenai proses bisnis dari sistem jaminan sosial;
- Memiliki integritas yang baik;
- Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif;
- Tidak memiliki kepentingan/keterkaitan pribadi atau kelompok yang dapat menimbulkan dampak negatif dan benturan kepentingan terhadap BPJS Ketenagakerjaan;
- Memiliki kemampuan menyelesaikan tugas tepat waktu;
- Mampu bekerja menggunakan MS. Office
Benefit: Mendapatkan Honorarium, Tunjangan, dan semua perlindungan dari program jaminan sosial yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kesehatan.
Jika kalian tertarik bergabung dengan Tim BPJS Ketenagakerjaan, informasi dan pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah melalui website resmi https://rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id .
Peserta Rekrutmen dan Seleksi BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2023 diminta waspada dengan tindak penipuan. Panitia tidak memberikan pengumuman/informasi Lulus/Gugur melalui sms dan email. Seluruh proses Rekrutmen dan Seleksi BPJS Ketenagakerjaan tidak dipungut biaya. BPJS Ketenagakerjaan tidak pernah bekerja sama dengan penyelenggara perjalanan/travel agent tertentu untuk akomodasi peserta.
Penulis: Novira