Bacaini.id, KEDIRI – Digital marketing merupakan skill yang paling dibutuhkan para pelaku IKM dan UMKM pada era digital sekarang ini. Menyikapi hal tersebut, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri mengadakan Workshop Digital Marketing.
Kepala Disperdagin Kota Kediri, Tanto Wijohari mengungkapkan, penguasaan digitalisasi saat ini merupakan suatu keharusan bagi pelaku IKM dan UMKM khususnya dalam aspek pemasaran.
“Penguasaan teknologi informasi sangat diperlukan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dan perluasan pangsa pasar. Untuk itu pelaku usaha dituntut untuk melakukan transformasi digital,” kata Tanto saat pembukaan workshop yang berlangsung di salah satu kafe di Kota Kediri, Selasa, 21 Juni 2022.
Menurut Tanto, workshop digital marketing juga menjadi alternatif pilihan yang tepat dalam rangka menjembatani pelaku usaha yang pasca pandemi mengalami kesulitan dalam pemasaran secara offline. Terlebih saat ini penjualan online semakin mendapat tempat dihati konsumen.
“Kota Kediri melalui Disperdagin selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan serius kepada pelaku usaha terutama IKM dan UMKM Kota Kediri supaya bisa memulihkan kondisi setelah pandemi Covid-19. Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui workshop digital marketing ini,” jelasnya.
Mengusung tema ‘Kerja Cerdas Cuan Mengalir Deras’ kegiatan workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait pembuatan konten video dan foto produk yang menarik serta optimalisasi media sosial dan marketplace sebagai sarana promosi.
“Semoga workshop digital marketing ini bermanfaat dalam pengembangan usaha perdagangan dan perindustrian di Kota Kediri, sehingga roda perekonomian Kota Kediri semakin baik dan meningkat,” harapnya.
Lebih lanjut, Tanto menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini juga merupakan tidak lanjut adanya usulan dari pihak kelurahan Lirboyo, Burengan, Jagalan, Pakunden dan Blabak yang disampaikan melalui Musrenbang tahun 2021.
“Semoga nantinya peserta mampu menyerap dan mempraktekkan langsung tips dan trik digital marketing, sehingga bisa mewujudkan kerja cerdas yang akan meningkatkan cuan,” pungkasnya.
Untuk diketahui, workshop digital marketing akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 21 hingga 22 Juni 2022. Adapun peserta yang mengikuti workshop sebanyak 30 orang hasil usulan Musrenbang tahun 2021. Hadir sebagai pemateri, Agus Riyadi selaku Owner @Desain Promosi dan @Yoiso Web.
Penulis: Novira